DIANE KHATRIN TRIASIH 21210981
NETTIANA.R 24210944
4EB23
Strategi
Bisnis
Awalnya, Samsung Electronics hanya menguasai 10% pasar
telepon seluler di Korea Selatan (Korsel). Saat itu Motorola menguasai 60%
pasar Korsel. Namun dengan strategi jitu, Samsung bangkit sebagai penguasa
pasar smartphone, di Korsel dan di dunia. Saat
ini kabar menggembirakan menggembirakan bagi Samsung Electronics. Pasalnya,
produsen smartphoneasal Korea Selatan (Korsel) mengumumkan perkiraan laba
hingga Rp75 triliun, naik 52,9% dari kuartal pertama 2012. Para penggemar
smartphone juga ikut tersenyum karena Samsung pada Jumat (11/4) meluncurkan
telepon pintar terbesar yang pernah ada di dunia. Smartphoneyang disebut Galaxy
Mega itu dilengkapi layar 6,3 inci atau 16 cm.
Samsung menyebut ukuran sebesar itu ideal untuk menonton
video atau menjalankan dua aplikasi secara berdampingan. Perusahaan itu
sebelumnya berhasilmemopulerkankategori yang disebut ”phablet” yakni telepon
yang mendekati dimensi tablet. Phablet produksi Samsung sukses dengan keluarnya
Galaxy Note pada 2011 yang memiliki layar 5,3 inci. Sejak peluncurannya,
phablet tersebut semakin populer melebihi perkiraan banyak pengamat. Samsung
merupakan pembuat smartphonepaling populer pada 2012, mencakup 30,3% dari total
pengiriman produk telepon pintar di dunia. Adapun, Apple yang produk
terbesarnya hanya memiliki layar selebar 4 inci, saat ini berada di peringkat
kedua dengan menguasai 19,1% pasar global.
Awalnya
Samsung merupakan perusahaan ekspor yang mengekspor berbagai produk dari Korea
Selatan ke China. Samsung didirikan pada tahun 1938 oleh seorang pemilik tanah
yang luas bernama Lee Byung-Cuhll. Pada tahun 80-an Perusahaan ini mulai
berkembang dan fokus menjadi perusahaan elektronik. Pada tahun 1990-an Samsung
lebih fokus pada barang produksi. Kisah
sukses perusahaan yang diraih
oleh Samsung saat ini bukan hanya mengenai kualitas barang saja namun Samsung
juga cermat mengamati penjualan produk di pasar global.
Samsung
menjadi produsen yang pertama kali memproduksi ponsel MP3 secara massal
padatahun 1999. Saat ini, Samsung telah sukses menjual hampir sepertiga jumlah
smartphone yang digunakan di seluruh dunia. Produk penjualan terbaik dari
Samsung saat ini adalah Samsung Galaxy S4 yang telah dilengkapi dengan berbagai
fitur canggih. Berikut ini beberapa fakta tentang Samsung terlepas dari kisah
sukses perusahaan yang berhasil diraih Samsung saat ini.
Pada
tahun 1993, Samsung mengumumkan filosofi ‘Managemen Baru’ dimana perusahaan
akan berkomitmen untuk memprioritaskan kualitas pada semua produknya. Adanya
managemen baru ini menjadi solusi untuk kisah sukses perusahaan yang lebih
baik. Untuk menghidupkan lembali perusahaannya dan menanamkan pemikiran global
yang difokuskan pada kualitas, Lee Kun Hee selaku pimpinan Samsung menasihati
para karyawannya untuk ‘mengubah segalanya, kecuali untuk keluargamu.” Pada
tahun 1995, Kee Kun Hee kurang puas dengan kualitas produk Samsung.
Setelah diberlakukannya managemen baru, Samsung memulai kisah
sukses perusahaan dan meraih kesuksesan di seluruh dunia. Samsung saat ini
telah memiliki 236.000 pegawai di 79 negara. Lebih dari setengah pegawainya
berasal dari luar Korea. Pada tahun 2012, Samsung memperoleh revenue sebesar $
188 milyar dan berharap pada tahun 2020 nanti mereka akan mendapat revenue $
400 milyar. Selain itu, pada tahun 2012 Samsung juga menduduki peringkat ke-9
sebagai merek global yang paling berharga dalam daftar Interbrand Top
Global Brand.
Kerjasama
1.
Seagate
Rampungkan Akuisisi Bisnis HDD Samsung
Seagate mengatakan pada April bahwa itu adalah memperoleh bisnis HDD dari
Samsung Electronics untuk US $ 1,4 miliar dalam bentuk saham dan uang tunai.Menurut
ketentuan transaksi, Seagate mengatakan ia telah mendapatkan bagian dari bisnis
HDD Samsung, seperti M8 lini produk Samsung berkapasitas tinggi, 2.5-inch HDD,
dan aset lainnya, infrastruktur dan karyawan. Samsung karyawan bergabung dengan
Seagate termasuk sejumlah manajer senior dan insinyur desain dari Samsung
fasilitas Korea Selatan, yang akan mengembangkan bentuk kecil-faktor produk untuk
pasar komputasi mobile, Seagate mengatakan.
NY Park, wakil presiden senior dan general manager, akan mengawasi produk
Seagate kegiatan pembangunan di Korea Selatan dan melayani sebagai manajer
negara pusat desain lokal, pelaporan kepada Bob Whitmore, eksekutif wakil
presiden dan Seagate kepala teknologi, katanya.Pada tahun 2010, HDD Seagate
pengiriman dari kedua dan Samsung ditambahkan ke 261.200.000 unit, memberikan
perusahaan gabungan 40 persen dari pasar HDD, IHS analis iSuppli kata Zhang
Fang Mei dalam sebuah blog posting. Western Digital dan
Global Storage Technologies Hitachi masih memegang posisi nomor satu dengan
pangsa 50 persen.
Pasar saham cenderung berubah secara dramatis di kuartal tahun depan dan
awal setelah banjir Thailand menghentikan produksi di fasilitas-fasilitas
Western Digital di negara itu, meskipun rantai pasokan ke pabrik Seagate di
negara itu juga terpengaruh.Hilangnya diproyeksikan pengiriman untuk Western
Digital bisa membuktikan keuntungan dalam jangka pendek untuk Seagate Teknologi
dan meningkatkan jumlah dua pemain HDD ke atas setelah trailing Western Digital
dalam pengiriman total untuk beberapa kuartal, IHS iSupplimengatakan pada bulan November .
2. Samsung Dan PayPal Jalin
Kerja Sama Alat Pembayaran
Penyedia jasa pembayaran online, PayPal mengumumkan
telah menjadi pihak ketiga sebagai pilihan pembayaran pengguna ketika membeli
konten di toko digital Samsung Apps dan Samsung Hub.Hal ini memungkinkan
pengguna smartphone Samsung dapat menggunakan uang PayPal mereka untuk membeli
konten favorit, seperti aplikasi mobile, e-book, games, musik, film, dan
cuplikan acara TV di toko digital Samsung. Pengguna pun tak mesti lagi
memasukan informasi kartu kredit atau rincian alamat mereka agar keamanannya
lebih terjamin.
“PayPal
adalah cara yang lebih aman dan lebih mudah untuk membayar maupun dibayar
ketika melakukan transaksi di perangkat mobile. Ketika tiba saatnya melakukan
pembayaran, orang selalu ingin lebih cepat, mudah, dan punya pilihan lain dalam
transaksi di perangkat yang terhubung,” tulis PayPal dalam pernyataan resmi di blognya.
Pengembang aplikasi maupun
penyedia konten pun juga dapat memilih untuk mendapatkan bayaran dari toko
aplikasi Samsung melalui uang PayPal. Pihaknya pun menjamin, pengembang akan
mendapat bayaran yang lebih baik dan efisien ketimbang metode konvensional
sebelumnya, yakni mesti menunggu beberapa hari uangnya dikirim melalui bank.
Sayangnya, konten pembayaran
via PayPal belum sepenuhnya tersedia secara global. Hanya ada sembilan negara
utama yang baru bisa menikmati layanan ini, yakni Australia, Italia, Perancis,
Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, dan dua negara tetangga,
Malaysia dan Singapura. Uniknya, negara yang menjadi kampung halaman Samsung,
Korea Selatan malah tak mendapat jatah dari layanan ini.
PayPal sendiri kini memiliki
sekitar 132 juta pengguna aktif yang tersebut di seluruh dunia. Transaksi
mobile melalui uang PayPal pun telah meningkat pesat dari 2009 yang hanya
sebesar US$ 141 juta saja, namun pada 2012 telah menjadi US$ 14 miliar. Pihak
Paypal berharap dapat memiliki transaksi mobile hingga US$ 20 miliar pada tahun
ini.
“Kami telah bekerja sama
dengan pihak pengembang sejak 2009 silam membantu menguangkan aplikasi mereka.
Sejak saat itu, sudah ada ratusan ribu pengembang dari seluruh dunia yang telah
dibayar dengan mudah dan aman lewat uang PayPal,” imbuh PayPal.
Cara
Perekrutan Karyawan
Pertama-tama, SEIN mengadakan
rekrutmen massal di beberapa kampus ternama di Indonesia. Setelah itu masa
registrasi yang dilakukan secara online di http://sac.its.ac.id. Kemudian beberapa
minggu kedepan akan ada SMS dari SAC yang memberi tahu bahwa kita lolos
persyaratan administrasi dan diberi tahu juga akan ada test tertulis
untuk masuk ke Samsung Electronics Indonesia. Nanti akan Ada 2 jenis test, yaitu TOEIC untuk
bahasa inggrisnya dan Samsung General Aptitude Test (GSAT) yang bisa dibilang test
intelegensi dan logika yang digunakan utuk perekrutan pegawai samsung di
seluruh dunia. Secara garis besar sih mungkin GSAT lebih berat daripada
test-test lain yang pernah ada, tapi mungkin untuk anda yang suka bermain dengan
permainan penalaran bisa lebih mudah mengerjakannya daripada orang lain.
Malam harinya jika lolos test tertulis akan
mendapatkan SMS yang berisi esok harinya akan ada interview untuk proses selanjutnya. Nah di proses
ini ada 2 interview yang umumnya emang begitu, dengan HRD dan Users. Seluruh
proses interview pada rekrutmen samsung ini pake bahasa inggris karena beberapa
interviewer juga adalah orang korea
Samsung
Group mulai merekrut karyawan yang berasal dari mahasiswa jurusan hukum yang
baru lulus atau "fresh graduates" untuk dipekerjakan secara
bersama-sama dengan karyawan biasa di departemen non-hukum di 10 afiliasinya,
termasuk Samsung Electronics. Samsung mengatakan mereka akan mempekerjakan
hingga 50 pengacara, yang semuanya berasal dari universitas hukum setempat.
Samsung akan mempekerjakan mereka untuk posisi wakil manajerial, dengan
menempatkan mereka tepat di atas entry level, melalui rekrutmen yang akan mulai
dilaksanakan pada hari Jumat minggu depan. Biasanya diperlukan waktu empat
tahun bagi lulusan perguruan tinggi reguler untuk maju ke tingkat tersebut.
Para anggota karyawan baru ini akan ditunjuk untuk departemen pemasaran,
perencanaan, sumber daya manusia, pembelian dan keuangan di beberapa anak
perusahaan dari Samsung Group seperti Samsung SDS, Samsung Display, Samsung
Life Insurance dan Samsung Card.
Ini adalah
untuk pertama kalinya bahwa afiliasi Samsung secara terbuka merekrut lulusan
dari universitas hukum dan mengalokasikan mereka di divisi mereka tanpa ikatan
langsung ke urusan hukum. Samsung Electronics menjalankan program percontohan
awal tahun ini dengan menggunakan sembilan sarjana hukum dari universitas
setempat untuk bekerja pada divisi non-hukum. Kemudian sepuluh afiliasi dari
Samsung Group mempekerjakan mereka dengan status magang
Cara
menarik Konsumen dan Persaingan
Samsung melakukan pengepungan dengan memberondong pasar dengan banyak tipe
smartphone yang terkadang terlihat seperti dipaksakan. Contohnya Galaxy Grand
dan Galaxy S3 Mini. Kedua tipe smartphone ini bisa dikatakan hanya berfungsi
sebagai kecapuntuk terus mengingatkan konsumen bahwa Samsung
terus melahirkan produk, sementara Apple Inc. hanya sekali setahun (?). Dengan
demikian, pilihan konsumen lebih banyak dengan variasi harga yang juga
bermacam-macam. Konsumen seperti dilingkari produk Samsung, mereka secara
sengaja atau tidak membicarakan Samsung dan ini sebuah taktik yang cukup bagus
melawan Apple Inc. yang cenderung tertutup dan memiliki produk sedikit.
Saya pernah ingat sebuah taktik peperangan, yaitu seranglah musuh di bagian
terlemah mereka. Saya kira Samsung secara sengaja menjalankan taktik ini. Bukti
bisa kita munculkan ketika Samsung menggerek lebar layar smartphone buatan
mereka makin lebar. Sukses Galaxy Note pertama dengan layar 5,3 inchi, lalu
Samsung Galaxy S3 dengan layar 4,8 inchi dan terakhir Galaxy Note 2 dengan
layar 5,5 inchi membuat orang ketika memegang iPhone terasa sangat kecil.
"If you see this stuff on TV enough, it gets you thinking," said
Mr. Hernandez, a 34-year-old resident of Somerville, Mass., who adds that he likes
how his Galaxy has a larger screen than the iPhone. "Now, when someone
gives me an iPhone to look at a picture, it looks so tiny."
Perbedaannya tentu cukup jelas. Ketika saya memegang Galaxy Note, saya
memperoleh pengalaman multimedia yang lebih baik. Menonton filim, browsing
internet, membaca file-file PDF dengan layar lebih lebar terasa lebih asyik.
Berbeda ketika saya beralih ke iPhone. Layarnya terasa mini, perlu lebih banyak
fokus dan pengalaman multimedia yang kurang serta membuat mata lebih cepat
lelah.
Dari sini saja saya bisa memperbandingkan pengalaman pengguna ketika mereka
menggunakan iPhone. Samsung punya taktik bagus melawan Apple Inc. di sisi
mereka yang paling lemah, yaitu variasi layar dan variasi produk. Tidak itu
saja dengan dukungan sistem operasi Android yang makin hari makin bagus,
Samsung benar-benar ditopang dari segala sisi sehingga mereka punya senjata
lengkap untuk berperang dengan Apple Inc.
Media luarpun mengamini bahwa mungkin Samsung telah mencuri coolness yang
selama ini menjadi milik Apple Inc. Samsung terlihat cool dengan
produk mereka yang semakin baik. Juga anggaran pemasaran mereka yang seperti
tanpa batas. Silahkan lihat beberapa video Galaxy S3, bahkan mereka yang selama
ini menganggap iklan Apple adalah iklan terbaik, tak sungkan memberikan pujian
bagi iklan Samsung tersebut
Sebuah usaha yang patut diberikan pujian. Berkat Samsung (yang pada tahun
2012 lalu mengapalkan lebih dari 200 juta ponsel) developerpun mulai beralih
fokus ke Android. Tentunya bukan sesuatu hal yang baru karena developer akan
selalu mencari pasar yang lebih besar. Akan tetapi meninggalkan Apple Inc.
butuh banyak perhitungan karena mereka selama ini merupakan kesayangan
developer. Namun, mau tidak mau karena kemajuan Samsung yang lebih besar, hal
ini menjadi sebuah kemustian.
Saya rasa perang ini belumlah akan usai, masih di tahap awal. Apple Inc.
akan segera bereaksi dengan merilis variasi produk yang lebih banyak. Bulan
Juni nanti mungkin akan lahir iPhone Plus dengan cover warna-warni atau mungkin
iPhone 5S. Bisa jadi Apple Inc. akan merilis phablet mereka yang pertama dan
kembali meraih coolness yang sempat dicuri oleh Samsung. Namun
setidaknya saat ini, Apple telah tercuri dengan cara-cara Samsung. Kehadiran
Apple Inc. di media melalui rumor-rumor tentang produk mereka sudah tergantikan
oleh Samsung. Perhatian publik kini tersita oleh Samsung, sementara Apple Inc.
masih bergulat dengan pertanyaan apakah layar iPhone sebaiknya diperlebar.
.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar